Adegan klimaks Captain America: Civil War direkam kamera IMAX

ACEH WATCH | Satu yang paling ditunggu dari film Captain America: Civil War adalah adegan pertarungan besar-besaran yang melibatkan para pahlawan super Marvel dan akan menjadi klimaks film ini.

Tim Captain America yang beranggotakan Winter Soldier, Scarlet Witch, Falcon, Hawkeye, dan Ant-Man akan menghadapi Tim Iron-Man dengan anggota War Machine, Black Widow, Vision, Black Panther, dan Spider-Man.

Untuk adegan epik tersebut, tidak salah jika Marvel merekamnya dengan cara yang paling epik juga: menggunakan kamera IMAX.

Anthony sutradara  Captain America: Civil War,  menyatakan bahwa durasi adegan pertarungan kedua tim akan berlangsung selama 15 menit.

Waktu yang cukup panjang, mengingat pihak yang terlibat pun ada belasan orang dengan kemampuan yang melebihi manusia biasa.

Kamera yang digunakan adalah kamera digital hasil kolaborasi antara IMAX dengan produsen kamera Arri. Basis kamera yang digunakan adalah Arri Alexa 65.

“Keseluruhan adegan, sepanjang 15 menit direkam menggunakan IMAX. Adegan tersebut adalah satu-satunya yang kami rekam menggunakan kamera ini,” ujar Joe Russo. Alasannya adalah keterbatasan waktu. Alexa 65 baru dirilis seminggu sebelum para kru mulai mengambil adegan pertempuran ini.

Keseluruhan adegan dalam film selanjutnya, The Infinity War (tayang 4 Mei 2018), akan direkam menggunakan kamera yang sama.

Arri Alexa 65, kamera digital dengan teknologi IMAX

Kamera IMAX sejatinya menggunakan film sebagai media perekam.

Namun kolaborasi IMAX dan Arri dengan basis Arri Alexa 65 adalah sebuah kamera digital. Arri Alexa 65 menggunakan sensor yang berukuran lebih besar daripada kamera full frame 35mm.

Ukuran sensor Alexa 65 mencapai 54 x 25,5 mm dan memiliki resolusi maksimal 6,5K alias 6560 x 3100 piksel. Jika dijumlahkan, totalnya menjadi 20,3 megapiksel. Ukuran sensor kamera ini jauh lebih besar dibanding kamera full frame 35mm (36 x 24mm) dan APSC (24 x 18mm) yang biasa digunakan di kamera DSLR.

Format yang digunakan film Hollywood pada umumnya –baik yang diambil melalui kamera digital maupun film– adalah Super 35mm, dengan ukuran sensor / film sebesar 25 x 19 mm saja. Menggunakan kamera yang sensornya lebih besar berimbas gambar lebih tajam, tonal warna lebih luas, serta rentang dinamis lebih tinggi.

Namun ukuran 54 x 25,5mm pada Alexa 65 masih kalah dengan ukuran frame film pada kamera IMAX, seperti yang digunakan Christopher Nolan untuk film The Dark Knight (2008), The Dark Knight Rises (2012) dan Interstellar (2014). Ukuran film IMAX sangat besar, mencapai 70 x 48,5 mm.

Tentunya teknologi hanya menjadi alat bantu para pembuat film dalam merepresentasikan imajinasi mereka ke dalam gambar bergerak. Bagus/tidaknya sebuah film ditentukan oleh lebih banyak faktor non-teknis.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*