Instagram aktifkan fitur multiakun, luncurkan sinema sosial

ACEH WATCH| Mulai pekan ini, Instagram resmi mengaktifkan fitur multiakun dalam satu aplikasi. Fitur tersebut bakal aktif setelah pengguna Android dan iOS memperbarui aplikasi Instagram mereka dengan versi 7.15, seperti dijelaskan dalam laman blog resmi Instagram, Senin (8/2/2016).

Instagram telah menguji fitur tersebut di gawai Android sejak November 2015. Kemudian pada Rabu (2/2/2016), laman Latergrammemengabarkan beberapa pengguna iOS juga bisa menambah akun pada aplikasi instagram mereka. Pada iOS fitur tersebut dapat diakses melalui bagian pengaturan, menempati posisi yang pada versi sebelumnya ditempati oleh tombol logout.

Cara untuk menambah akun, setelah Instagram versi 7.15 sudah diinstall, kurang lebih sama seperti di atas. Pengguna masuk ke tab paling kanan (profile) dan masuk ke ikon gir di kanan atas. Kemudian gulir ke bawah hingga menemukan tombol ‘Add Account’ dan silakan tambah akun lain yang dimiliki. Instagram memberi batas hingga lima akun dalam satu aplikasi.

Bagi mereka yang hanya menggunakan jejaring sosial yang fokus pada foto dan video pendek ini hanya untuk kesenangan pribadi, sepertinya fitur multiakun ini tidak bakal banyak berguna. Tetapi Instagram sepertinya menambah fitur ini untuk para pengguna yang melakukan kegiatan komersial, seperti mereka yang bekerja di bidang pemasaran, periklanan, atau pengusaha, yang ingin memisahkan penggunaan akun pribadi dengan komersial.

Agar tak salah menggunakan akun, Instagram mengatakan bahwa profil yang sedang aktif akan ditandai dengan adanya foto profil di kanan bawah. Bagian ini dulunya diisi ikon berbentuk orang.

Selain itu, notifikasi untuk semua akun akan tampil di gawai, bukan hanya notifikasi dari akun yang sedang aktif saat itu.

Sebenarnya sejak lama sudah banyak beredar aplikasi pihak ketiga yang memungkinkan penggunaan Instagram menggunakan multiakun. Namun seiring semakin sering terjadinya pencurian data, terutama lewat aplikasi pihak ketiga, menggunakan fitur yang dirilis resmi oleh Instagram akan lebih memberikan rasa aman.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*