BERITA INTERNASIONAL

Perkembangan Militer Rusia Bikin AS Terkejut

ACEH WATCH| Perkembangan militer Rusia yang terbilang cepat ternyata membuat Amerika Serikat (AS) terkejut. AS tidak pernah mengantisipasi bahwa Rusia akan bisa mengembangkan senjata dan alat tempur, khususnya pesawat dalam kurun waktu yang terbilang singkat.

Sikap terkejut AS itu terungkap kala Wakil Kepala Staf Angkatan Udara AS untuk rencana dan peralatan strategis, Letnan Jenderal James Holmes menyampaikan pidato di hadapan Kongres AS.

“Kami telah melihat Rusia dan China mengembangkan pesawat terbang jauh lebih cepat daripada yang diantisipasi,” kata Holmes dalam pidatonya, seperti dilansir Sputnik pada Sabtu (12/3).

Sejak akhir Perang Dingin, Rusia telah memperkenalkan Yakovlev Yak-130, yang merupakan jet tempur terpadu. Negeri Beruang Merah itu juag sukses mengembangkan jet kebanggan mereka yakni Sukhoi, terbaru mereka baru saja merilis Sukhoi Su-34 dan Sukhoi Su-35S.

Selain itu, Rusia juga sedang mengembangkan pesawat tempur generasi kelima di bawah program PAK FA. Angkatan Udara Rusia diharapkan akan menerima batch pertama dari multirole dan superioritas udara pejuang siluman, saat ini dikenal sebagai T-50, pada akhir 2016 atau awal 2017.

PAK FA dimaksudkan untuk menggantikan Mikoyan MiG-29 dan Sukhoi Su -27. Rusia Aircraft Corporation MiG juga  dilaporkan sedang mengembangkan jet tempur ringan generasi kelima.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *