BERITA

Gubernur Aceh Kedepan, Haruslah Sosok Yang Mampu Mengharmonisasi Eksekutif-Legislatif

AcehWatch| Gubernur Aceh 2017 mendatang haruslah sosok yang mampu membangun hubungan yang harmonis dengan DPR Aceh.Hal ini dikarenakan kedua unsur tersebut ibarat dua sisi mata uang yang saling membutuhkan. Jika hubungan keduanya tidak harmonis maka dampaknya adalah kekacauan ekonomi dan kegaduhan politik akan terjadi. Hal tersebut disampaikan oleh koordinator AcehBergerak Tgk Snowden pada AcehWatch (5/7).

“Eksekutif tidak akan bisa bekerja tanpa persetujuan pengesahan anggaran oleh legislatif, hal serupa juga berlaku buat legislatif, jika legislatif mengesahkan anggaran namun eksekutif  enggan mengeksekusi maka anggaran yang disahkan juga menjadi tidak bisa digunakan untuk masyarakat” ujar Tgk Snowden

Menurut Tgk Snowden, Jika kita melihat dari calon-calon yang akan maju pada pemilihan Gubernur Aceh 2017, maka calon yang memiliki kemampuan bersinergi dengan parlemen adalah pasangan Muzakir Manaf-TA Khalid.

“Kedua pasangan mampu membangun komunikasi politik yang baik di DPR Aceh. Hal ini dibuktikan dengan suara dukungan yang mencapai 52 kursi di DPR Aceh. Hal itu berbeda dengan Irwandi Yusuf,belajar dari pengalaman sebelumnya, Irwandi dianggap tidak mampu membangun hubungan yang harmonis dengan parlemen, sehingga banyak kerja-kerja pembangunan yang tidak berjalan mulus, hal tersebut menyebabkan kekacauan ekonomi serta kegaduhan politik” Ujar Tgk Snowden.

Hal serupa juga dituturkan Tgk Snowden terhadap calon Tarmizi Karim dan Doto Zaini, mantan PJ Gubernur dan Gubernur Incumbent itu  dianggap tidak memiliki komunikasi politik yang baik.

“Ya kita lihat saja,Tarmizi Karim sampat saat ini ia tidak mampu mendapat dukungan politik, walau telah banyak melakukan lobby-lobby politik, kalo Doto Zaini ya tak usah kita sebut lagi, rakyat juga sudah melihatnya sendiri” ungkap Koordinator Aceh Bergerak.

Jika melihat hal tersebut, kondisi itu tentu saja sangat beresiko bagi rakyat Aceh jika Doto Zaini, Irwandi Yusuf dan Tarmizi Karim menjadi Gubernur Aceh. Ketidakmampuan mereka melakukan komunikasi tentu saja akan menyebabkan keterlambatan pengesahan anggaran belanja daerah.

“Ya kalo mereka tidak mampu membangun komunikasi dan harmonisasi, mending jangan memaksakan kehendak, kasihan rakyat Aceh” Tambah Tgk Snowden

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *