Mengenal Lebih Dekat Sosok Juanda Djamal

AcehWatch| Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan sosok Juanda Djamal atau yang lebih akrab disapa Juanda, Pria kelahiran Aceh Besar ini masih berusia 41 tahun. Tentunya itu merupakan usia yang ideal dan sangat penuh enerjik untuk membuat perubahan. Juanda  memiliki latar belakang sebagai aktivis kemanusiaan Aceh yang sangat konsisten pada perjuangan rakyat Aceh dari zaman konflik hingga sekarang. Ia merupakan sosok aktivis  yang memiliki nilai idiologis ke-Acehan.

Dizaman konflik dahulu, Juanda selalu berada di garis terdepan dalam melawan sikap-sikap represif aparat keamanan pada rakyat Aceh. Beliau juga sering berada di kamp pengungsian untuk membantu masyarakat Aceh yang terkena dampak konflik.

Dimasa Damai, Juanda Djamal yang merupakan Sekretaris Jenderal Aceh Civil Society Task Force (ACSTF)  ini ikut terlibat dalam proses  di Aceh dan juga beberapa daerah Asia lainnya seperti Moro, Tamil, Pathani dan lain-lain. Selain itu, Calon Wakil Bupati Aceh Besar ini juga sudah banyak belajar dengan penyelesaian konflik Quebec (canada) Aparthaid (Afrika Selatan), Catalunia (Spanyol) Irlandia Utara (Inggris) dll. 

Putra Asli Aceh Rayeuk ini juga melakukan terobosan-terobosan memajukan ekonomi masyarakat dengan program ekonomi kerakyatannya. Salah satu inisiatif yang sangat populer bagi masyarakat Aceh pedalaman adalah Benk Mawah.

Benk Mawah merupan lembaga mikro yang berbasiskan konsep Mawah (bagi hasil),Penguatan ekonomi masyarakat pascakonflik, merupakan salah satu hal yang mendesak dalam mengisi perdamaian. Benk tersebut telah memperkuat sektor rill agribisnis masyarakt kecil, mulai dari sistem keuangan masyarakat, produksi, pengolahan hasil produksi, hingga pemasaran. Yang kesemuanya itu, berdampak pada perbaikan kualitas hidup.

Jika dilihat dari track recordnya, Juanda Djamal adalah calon wakil Bupati yang ideal buat masyarkat Aceh Besar. Saifuddin Yahya dan Juanda adalah pasangan yang tepat untuk membangkitkan potensi Aceh Rayeuk.

Tulisan yang dimuat di Rubrik Warga Menulis ini dikirimkan oleh Tgk Snowden, Koordinator Relawan Cyber Aceh Bergerak

1 Comment

  1. Juanda jamal orang nya ramah dan sangat peduli terhadap orang lain beliau pernah jadi kordinator kami di PCC-ACEH beliau sagat cocok di dukung menjadi salah satu penjabat aceh besar yg mendampingi pak cek

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*