Mualem Effect : Uzbekistan Berminat Investasi Modal Ke Aceh

Aceh Watch | Pengusaha Uzbekistan berminat berinvestasi di sektor pertanian dan pariwisata di Aceh yang dinilai memiliki potensi besar.

“Pengusaha dan Pemerintah Uzbekistan berkeinginan menjalin kerja sama dalam segala hal khususnya investasi dan perdagangan di sektor pertanian dan pariwisata yang potensinya dinilai cukup besar,” kata Duta Besar Republik Uzbekistan Shavkat Jamolov di Jakarta, Selasa (8/2). Dia mengatakan itu usai melakukan pertemuan dengan Muzakir Manaf wakil Gubernur Aceh yang juga merupakan bakal calon Gubernur Aceh.

Menurut dia, keinginan meningkatkan kerja sama bisnis dengan pemerintah dan pengusaha Aceh juga mengacu pada sudah semakin membaiknya hubungan Uzbekistan dengan Indonesia. “Jadi kami berharap kerja sama bisa dilakukan dengan semua kabupaten yang ada di Aceh juga,” katanya.

Menurut dia, selain melihat potensi yang besar pada sektor pariwiata dan pertanian di Aceh, keinginan kerja sama juga mengacu pada kondisi usaha permesinan alat pertanian skala kecil di Uzbekistan yang cukup berkembang.

Adapun Uzbekistan, katanya, juga tidak jauh berbeda dimana pertanian, perkebunan dan pariwisata juga cukup memiliki potensi besar.

Seperti kita ketahui, sebelum berangkat ke Jakarta, Muzakir Manaf juga sempat melakukan pertemuan singkat dengan Asosiasi Pengusaha Asia Timur di Kuala Namu Medan. Rencana Uzbekistan menanamkan investasinya di Aceh merupakan respon positif dari majunya Muzakir Manaf menjadi calon Gubernur Aceh pada Pilkada 2017 mendatang.

Kepada Muzakir Manaf, Duta Besar Uzbekistan Shavkat Jamolov mengatakankan bahwa Pemerintah Uzbekistan mengharapkan Pilkada Aceh berjalan dengan aman dan mendoakan yang terbaik untuk rakyat Aceh.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*