Muzakir Manaf : Kopi Gayo Itu Mendunia, Jangan Kita Sia-siakan.

Aceh Watch | Kopi Arabica Gayo merupakan salah satu jenis kopi berkualitas premium. Kopi asal Tanah Gayo itu tercatat sebagai kopi termahal di dunia, berdasarkan peringkat yang dikeluarkan Specialty Coffee Association of America (SCAA).

Kopi Gayo lebih mahal dibandingkan kopi kualitas premium lainnya yang berasal dari negara Brasil dan Kolumbia. Bahkan selisihnya hampir setengah dari harga kopi Brazil dan Colombia. Untuk, harga kopi Gayo bisa mencapai US$ 7,2 sampai US$ 8 per kg. Sementara kopi dari
Brasil dan Kolumbia berkisar US$ 3,5 sampai US$ 4 per kg. Mahalnya harga kopi Gayo dikarenakan memiliki cita rasa yang khas dibandingkan kopi dari negara lain.

Sayangnya Pemerintah Aceh, dari zaman rezim Abdullah Puteh, Irwandi Yusuf hingga Zaini Abdullah bahkan Bupati Aceh Tengah Nasruddin seperti kurang peduli dan cenderung mengabaikan potensi yang dimiliki oleh Kopi Gayo.Padahal komoditas kopi selama ini jadi andalan ekspor, justru tak diberikan banyak anggaran. Kopi merupakan andalan ekspor Indonesia sejak zaman VOC.

Menyikapi hal tersebut Muzakir Manaf mengaatakan keresahannya dengan nasib kopi Gayo. Beliau berencana akan memfokuskan ekspor kopi Gayo ke luar negeri pada masa ia menjadi Gubernur, bukan itu saja, mantan Panglima GAM ini juga akan memberikan anggaran khusus pada APBA kelak.

Beliau juga berencana bekerjasama dengan Forum Kopi Fair Trade Asia Pasifik untuk mempromosikan kopi Gayo diseluruh dunia. Peluang kerjasama itu akan mudah terlaksana, hal ini dikarenakan ketuanya saat ini adalah orang Indonesia yang kebetulan juga adalah putra Gayo Asli, Mustawalad.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*