BERITA

Diduga Metro TV Mengistimewakan Tarmizi Karim, Debat Publik Cagub Aceh Di Tunda

AcehWatch| Gara-gara diduga mengisitimewakan Calon Gubernur Aceh, Tarmizi Karim, Stasiun televisi nasional, Metro TV kembali menjadi pembicaraan hangat masyarakat Aceh. Hal tersebut mencuat dalam rapat persiapan debat kandidat putaran kedua, Selasa (3/1), antara KIP Aceh, tim pemenangan calon gubernur dan berbagai elemen terkait lainnya.

Empat pasangan calon gubernur Aceh protes debat kandidat pertama yang siarkan melalui Metro TV pada  23 Desember 2016 lalu. Mereka memprotes Metro TV karena menayangkan hasil survey bahwa pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Aceh nomor urut 1 Tarmizi A. Karim-Macshalimi lebih unggul di media sosial. Hasil survey Metro TV itu disiarkan setelah acara debat kandidat calon gubernur Aceh itu selesai. Penayangan hasil survey itu dinilai mengistimewakan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Aceh Tarmizi A. Karim-Macshalmina.

“Debat kandidat pertama ada frame media terhadap salah satu kandidat. Kami meminta KIP bertanggungjawab, KIP harus meminta maaf kepada masyarakat melalui media,” kata Nurzahri Tim Pemenangan Muzakir Manaf-TA. Khalid.

Hal serupa juga diutarakan Tim Pemenangan calon gubernur dan wakil gubernur Aceh nomor urut 3 Abdullah Puteh-Sayed Mustafa Usab, nomor urut 4 Zaini Abdullah-Nasaruddin dan Tim pemenangan Irwandi Yusuf.

Sementara tim pemenangan Irwandi Yusuf meminta KIP Aceh menindak secara tegas jika benar Metro TV melakukan pelanggaran pada debat kandidat pertama. “Kami sepakat dengan pasangan nomor urut 5, jika media melanggar kontrak KIP tidak bisa diam,” kata tim Irwandi Yusuf.

Akibat dari dugaan pengistimewakan calon gubernur titipan pusat tersebut, KIP Aceh  akan melaporkan Metro TV atas dugaan pelanggaran ke Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Provinsi Aceh.

“Kalau frame di televisi, itu ranahnya KPI. Jadi acuan kita pada lembaga berwenang yang memberi sanksi” ujarnya Komisioner KIP Aceh, Junaidi.

Akibat persoalan tersebut, debat jilid dua yang direncanakan tanggal 5 Januari 2017 besar kenungkinan akan bergeser.

Seperti kita ketahui, Tarmizi Karim di usung oleh Partai Nasdem dalam pilgub Aceh 2017 mendatang. Metro TV sendiri merupakan stasiun milik Surya Paloh ketua umum partai Nasdem.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *