BERITA

Riandani IPPAT Jangan Membawa Pemahaman Sekuler ke Aceh Timur

Aceh Watch| Disebuah berita portal medial lokal, Wakil Ketua Ikatan Pemuda Pelajar Aceh Timur (IPPAT), Riandani meminta para Ulama dan dayah di Aceh harus bersikap netral pada Pilkada 2017 dan tidak berpolitik. Hal tersebut dianggap oleh Muhammad Aldaudy, alumni Santri Dayah Abu Mudi, sebuah pemahaman kelompok sekuler yang takut dengan peran ulama dalam perpolitikan menjadi besar.

Alumni Santri Dayah ini mengatakan, para ulama dianjurkan untuk berpolitik secara praktis. Hal ini bertujuan untuk menciptakan perubahan bangsa.

“Jika para ulama dan teungku-teungku tidak boleh berpolitik, orang yang beraqidah, orang yang memiliki iman tidak berpolitik, maka para bandit,preman dan kutu loncat akan berpolitik, saat bandit-bandit dan preman kutu loncat berpolitik maka undang-undang akan dibuat yang bermanfaat untuknya, kenapa republik seperti ini, karena kita terpengaruh, ulama tidak boleh berpolitik,” ujar Aldaudy

Menurutnya, oleh karena itu jika kita ingin membuat perubahan, maka para ulama harus terjun langsung dalam dunia politik praktis.

“Teungku, ulama sekarang fardhu kifayah untuk terjun dalam politik praktis, baik itu turun lansung maupun hanya lewat mendukung calon yang dianggapnya membawa kebaikan bagi umat, tidak mungkin kita harapkan perubahan jika kita tidak masuk ke dalam , tidak mungkin,” ujarnya.

Jika ada tanggapan bahwa sebagian ulama yang sudah terjun ke dunia politik akan terbawa arus perpolitikan di Aceh, hal tersebut menurutnya, karena jumlah ulama yang terjun ke dunia perpolitikan sangat sedikit.

“Karena seorang diri, maka rasulullah bersabda, kamu wajib dalam berjamaah, serigala akan memakan kambing yang mengasingkan diri, kita harus ada di dalam kelompok, kalu tidak kita seperti kambing dimakan serigala tapi, kalau ramai tidak,” pungkasnya

Jangan pernah ada yang mencoba memisahkan politik dengan agama, karena hal tersebut akan membuat Islam tertinggal dan terjajah. Saat ini merupakan momentum umat Islam untuk bergerak dan bersatu secara bersama-sama dalam membangun politik yang benar, baik dan elegant.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *