BERITA

Ini Alasan Mengapa Warga Aceh Timur Harus Memilih Mualem-TA dan Rocky-Linud Pada Pilkada 2017

Aceh Watch| Dalam sistem ketatanegaraan Indonesia, Pemerintahan yang kuat harus didukung oleh dukungan parlemen yang kuat. Argumentasi Gubernur/Bupati  memiliki legitimasi karena dipilih langsung oleh rakyat, sama halnya dengan mengasumsikan Gubernur/Bupati  dalam menjalankan roda pemerintahan dapat bekerja sendiri.

Dalam sistem ketatanegaraan kita, ada perbedaan mendasar antara relasi DPRA/DPRK-Gubernur/Bupati  dalam membangun mekanisme checks and balances. Format hubungan DPRA/DPRK-Gubernur/Bupati berbeda dengan hubungan Gubernur/Bupati -DPRA/DPRK untuk sebuah proses kebijakan atau lahirnya sebuah Qanun.

DPRA/DPRK posisinya lebih tinggi, karena sebuah Qanun tanpa persetujuan Gubernur/Bupati secara otomatis akan berlaku setelah 30 hari. Sebaliknya, kebijakan Gubernur/Bupati tanpa dukungan DPRA/DPRK dengan mudah akan dihentikan di tengah jalan.

Dengan kondisi seperti itu, jika ada pernyataan yang menyatakan bahwa Gubernur/Bupati tidak memerlukan parlemen itu hanyalah pepesan kosong, ibarat menegakkan benang basah. Artinya, secara politik tanpa dukungan parlemen yang kuat roda pemerintahan akan rapuh bahkan sulit untuk berjalan.

Atas dasar itulah, mengapa kita warga Aceh Timur harus memilih Muzakir Manaf sebagai Gubernur Aceh padadan Hasballah M.Thaib sebagai Bupati Aceh Timur pada Pilkada Aceh 2017 mendatang.

Kedua sosok tersebut diyakini mampu memimpin daerahnya kelak ketika terpilih menjadi Gubernur dan Bupati Aceh Timur. Semua program-program kerja yang dijanjikannya pada masa kampanye akan mudah direalisasikan oleh mereka. Hal ini dikarenakan kedua sosok tersebut merupakan calon kepala daerah yang memiliki dukungan kuat parlemen hingga diatas 60 persen kursi dewan. Selain itu Mualem dan Rocky  juga berasal dari Partai Politik terkuat di Aceh, Partai Aceh.

Selain alasan politik, alasan lainnya mengapa kita harus memilih Mualem dan Rocky  adalah karena beliau berdua adalah calon kepala daerah yang didukung oleh para ulama kharismatik Aceh dan mayoritas tengku-tengku dayah serta para santri. Dukungan para Ulama tentunya bukanlah sembarang dukungan, para ulama Aceh tersebut pastinya telah mempertimbangkan sangat matang siapa yang lebih layak dipercaya untuk membangun bangsa Aceh.

Dari beberapa paparan diatas ,maka sudah semestinya kita harus memilih nomor 5, Muzakir Manaf-TA Khalid sebagai gubernur/wakil gubernur Aceh dan nomor 2, Hasballah M.Thaib dan Syahrul bin Syamaun untuk bupati/wakil bupati Aceh Timur pada Pilkada Aceh 2017 mendatang

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *