BERITA

Mualem Silaturahmi dengan Keluarga Kerajaan Melayu di Tamiang

Aceh Watch| Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Aceh periode 2017-2022 Muzakir Manaf-TA Khalid beserta mantan Kapolda Aceh Iskandar Hasan, melakukan silaturrahmi ke keluarga besar kerajaan Melayu di Aceh Tamiang, Selasa (7/2) kemarin.

Dalam percakapan yang penuh rasa kekeluargaan, Mualem mangatakan bahwa sejarah harus dijaga dengan baik. “Kitalah yang jaga sejarah, karena sejarah adalah emas,” ujar Muzakir Manaf sambil melihat pedang dan benda pusaka kerajaan Tamiang.

Kata dia, rakyat Aceh masih memiliki semua identitasnya. “Ke depan kita kumpulkan semua benda pusaka dan Aceh kita kembalikan lagi kejayaannya seperti masa keemasan Sulthan Iskandar Muda,” jelasnya.

Hal paling mendesak, ujar Muzakir Manaf, yakni mengoreksi kembali sejarah Aceh untuk meluruskan sejarah yang sudah terjadi. “Karena sejarah adalah cermin suatu bangsa, hilang sejarah maka hilanglah suatu bangsa,” kata Muzakir.

Muzakir menambahkan, bila Wali Nanggroe pulang ke istana, semua keturunan raja di Aceh akan diundang, ini demi melestarikan sejarah yang seperti sudah dilupakan oleh masyarakat dan demi pengetuan untuk anak cucu.

Dalam kesempatan yang sama, perwakilan keluarga Raja Aceh Tamiang Teuku Zaini menjelaskan, sekilas sejarah kerajaan Tamiang kepada Muzakir Manaf dan rombongan. Zaini juga merinci dengan jelas silsilah raja Tamiang, di antaranya keturunan dari Sultan Muda Sedia.

Sebelum meninggalkan rumah keturunan penguasa Tamiang, rombongan dan keluarga kerajaan Tamiang mengabadikan moment tersebut dengan mengangkat salam khas pasangan calon Muzakir Manaf-TA Khalid, yang sering disebut Salam Pang5.(acehtimes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *