BERITA

Kinerja Bupati Aceh Timur di Apresiasi Smile Train

Kinerja Bupati Aceh Timur, Hasballah M.Thaib mendapatkan apresiasi dari
Koordinator Aceh Yayasan Smile Train, Rahmat Maulizar. Apresiasi itu iberikan terkait penanggulangan penderita bibir sumbing di Aceh Timur.

“Ini adalah langkah pertama kita melakukan operasi bibir sumbing dengan Pemda Aceh Timur yang diprakarsai oleh Bapak Rocky.

Kami sangat apresiasi dengan kebijakan beliau yang langsung memerintah dinas terkait dengan PKH Aceh Timur,” ungkap Rahmat pada media ini, Rabu (8/3/2017).

Rahmad menambahkan, pihaknya siap bekerjasama dengan Pemkab. Aceh Timur dalam penanggulangan penderita bibir sumbing di Aceh Timur.

“Insya Allah sesuai hasil pertemuan tadi dengan Bapak Rocky, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, dan pihak RSUD dr. Zubir Mahmud direncanakan pada tanggal 17 dan 18 nanti akan dilaksanakan,” terangnya. Rahmad juga menjelaskan, celah bibir atau yang dikenal dengan sumbing merupakan cacat  akibat kelainan deformitas kongenital yang disebabkan kelainan perkembangan wajah selama masa gestasi. Sumbing dapat terjadi pada bibir, langit-langit mulut (palatum), ataupun pada keduanya.

Sumbing pada bibir disebut cheiloschisis sedangkan pada langit-langit mulut disebut palatoschisis. “Syarat agar bisa dioperasi minimal anak berusia 3 bulan dengan berat badan diatas 5 kilogram,” papar Rahmat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *