BERITA

MUI Minta Zakir Naik Berhati-hati Sampaikan Ceramah di Indonesia

Aceh Watch| Ulama dari India, Zakir Naik akan datang dan menjalani tur dakwah di 6 kota di Indonesia. Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyambut baik kedatangan ini sebagai momen untuk pertukaran ilmu dan pengalaman.

“Pertama, berkenaan dengan dai atau ulama atau cendikiawan yang datang ke Indonesia tentunya bagus untuk transfer of knowledge dan pengalaman. Kita juga perlu mengetahui gagasan Naik agar kita juga bisa mendapatkan pertukaran pengalaman,” kata Ketua Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Cholil Nafis dalam perbincangan, Jumat (31/3/2017).

Ia menambahkan, kedatangan Zakir Naik pada prinsipnya sama baiknya dengan kedatangan ulama atau cendikiawan lainnya. Hanya saja, karena publik telah banyak yang mengenal Zakir Naik maka antusiasme cukup besar.

Meski demikian, Cholil mengatakan ada hal yang harus diperhatikan mengingat Zakir Naik memiliki spesialisasi dalam perbandingan agama. Ia ingin agar saat tur dakwah nanti, Zakir Naik tetap memperhatikan kekhasan Islam yang ada di Indonesia.

“Ada yang perlu menjadi perhatian, Zakir Naik ini kan memiliki kekhususan dalam perbandingan agama. Dan Indonesia ini menganut pluralitas dan punya banyak kebhinnekaan. Sehingga Islam Indonesia punya nilai moderasi yang sangat khas karena hidup dalam keberagaman masyarakat lainnya,” ujar Cholil.

“Diharapkan ceramahnya juga nanti dalam membicarakan agama lain harus hati-hati. Agar orang awam perlu hati-hati agar tidak salah paham. Jangan sampai nanti malah menyebarkan pesan membenci atau menistakan agama lain,” sambungnya.

Ia mengatakan, siang nanti Zakir Naik akan datang ke MUI. Pada pertemuan tersebut, mereka akan silaturahmi dan berbagi ilmu. Bersamaan dengan itu, nantinya MUI akan menyampaikan gambaran tentang Islam di Indonesia.

Ketua Humas Panitia Zakir Naik Visit Indonesia 2017 Budhi Setiawan mengatakan, safari dakwah akan dimulai pada Sabtu, (1/4) di Masjid Kota Wisata, Cibubur. Ustazah Farhat Zakir Naik, istri Dr Zakir Naik, dijadwalkan menyampaikan ceramah khusus undangan yang dihadiri 2.500 orang muslimah.

Agenda selanjutnya, Minggu, (2/4), Zakir Naik akan berada di Auditorium Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Ceramah terbuka untuk umum itu akan dilangsungkan pada pukul. Dari Bandung, Zakir Naik akan menuju Kota Yogyakarta. Pada Senin (3/4) Zakir Naik dijadwalkan menyampaikan ceramah umum dengan tema “Misconseption of Islam” di Auditorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *