BERITA

Pemerintah Aceh Timur Kembangkan Sumber Energi Listrik Pohon Kedodondong Hasil Temuan Anak MTsN

Aceh Watch| Pemerintah Aceh Timur terlihat sangat serius mengembangkan sumber energi pohon kedodondong. Semenjak sumber energi pohon kedondong ditemukan oleh Nauval,  hingga saat ini  60 unit rumah telah terpasang lampu dengan menggunakan kekuatan energi pohon kedondong di Desa Tampor Paloh dan sekitarnya di Kecamatan Simpang Jernih, Kabupaten Aceh Timur.

“Temuan Nauval ini patut disyukuri dan diapresiasi, pemerintah akan ikut membantu mengembangkan temuan ini, sehingga nantinya akan membantu puluhan rumah warga dipedalaman Aceh Timur,” kata Wakil Bupati Aceh Timur, Syahrul Bin Syama’un, ketika Silaturrahmi dan Kunjungan Kerja di Desa Tampor Paloh, Kec. Simpang Jernih, Kamis (27/4).

Wakil dari bupati Rocky ini mengaku bangga dengan temuan sumber energi dari pohon, sehingga masyarakat yang mendiami daerah tertinggal dan terdepan seperti sejumlah desa di Kecamatan Simpang Jernih, dapat memanfaatkannya.

“Walau belum maksimal, tapi temuan siswa Kelas III MTsN 1 Langsa, itu sudah dimanfaatkan oleh masyarakat tanpa harus mengeluarkan biaya yang lebih mahal,” kata Wabup.

Wabup Aceh Timur ini juga mengatakan akan meminta Pemerintah Pusat melalui kementerian terkait agar segera mengembangkan temuan Nauval itu,Sebab disaat dikembangkan secara maksimal akan membantu pemerintah dalam menangani krisis listrik didaerah terpencil, baik di Aceh atau diluar Aceh.

“Kita berharap temuan ini tidak disia-siakan oleh pemerintah pusat,” katanya seraya mengaku, selain puluhan rumah, berbagai fasilitas pendidikan dan tempat ibadah juga menggunakan lampu penerang yang bersumber dari energi pohon kedondong.

Selama ini, lanjut Wabup, Pemerintah Pusat melalui PT. Pertamina telah membantu Nauval dalam meningkatkan pemakaian dan pemanfaatan sumber energi pohon kedondong,oleh karenanya diharapkan Nauval dapat terus berkarya dan berinovasi dengan temuan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *