Kamaruddin SH: Saya Tidak Sepakat Dengan Pandangan Nasir Jamil Terkait Revisi UUPA

Aceh Watch| Anggota DPR RI, Nasir Jamil, menyetujui Undang-Undang RI Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintah Aceh atau dikenal UUPA untuk direvisi. Dia menilai ada beberapa pasal UUPA yang memang harus diperbarui atau dievaluasi. Hal tersebut disampaikan oleh politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Fakultas Hukum, Unsyiah, Jumat, 4 Agustus 2017 yang lalu.

Menanggapi hal tersebut, pengacara pembela UUPA Aceh, Kamaruddin SH kepada Aceh Watch menuturkan bahwa beliau  tidak sepakat dengan pandangan Nasir Jamil dan orang-orang yang sepakat agar UUPA direvisi.

” saya menghormati pandangan nasir Jamil, itu hak beliau secara politik, tetapi saya tidak setuju bahwa UUPA harus direvisi” ujar Kamaruddin SH.

Beliau juga menambahkan UUPA adalah kekhususan Aceh yang harus dijaga dan tidak boleh diotak atik.

Dicabutnya dua pasal UUPA dalam UU Pemilu yang lalu disebabkan oleh gagalnya fungsi pengawasan oleh legislatif asal Aceh yang ada di DPR RI.

Kamaruddin juga menuturkan, meskipun UU diberlakukan secara Nasional, tidak serta merta dapat diberlakukan di Aceh, terlebih lagi jika UU tersebut bertentangan dengan UUPA.

Segala sesuatu yang bertentangan dengan UUPA harus dikonsultasikan ke perwakilan rakyat Aceh yang ada di DPR Aceh

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*