BERITA DAERAH

Bupati Rocky Jenguk Bocah Yatim Penderita Meningitis

Aceh Watch| Bupati Aceh Timur, H. Hasballah HM. Thaib , membesuk M. Yusuf, bocah yatim pasien meningitis di RSUD Sultan Abdul Aziz Syah Peureulak, Jum’at, 12 Januari 2018.  Sebelum dibawa kerumah sakit, Rocky mendapat kabar bahwa ada anak yatim baring lemas menahan kesakitan di rumahnya. Ia pun segera memerintahkan jajaran nya untuk segera membawa untuk dirawat inap di RS setempat.

Rocky menuturkan jika peralatan di Aceh Timur terbatas, maka M.Yusuf akan segera dirujuk ke Rumah Sakit yang ada di ibukota Provinsi

“Jika peralatan disini terbatas, maka akan segera dirujuk ke Banda Aceh. Harapan kita M. Yusuf, sembuh, sehat dan bisa bermain seperti anak-anak lainnya,” ujar Bupati Rocky usai menyerahkan bantuan kepada M. Yusuf melalui ibunya, Zubaidah.

M.Yusuf selama ini berobat ke rumah sakit menggunakan jaminan Kartu BPJS, Biasanya Zubaidah ibu M Yusuf membawanya berobat ke Puskesmas Sungai Raya dan selanjutnya ke rumah sakit. Sejak suaminya meninggal dunia, Zubaidah harus berjuang merawat M. Yusuf dan mendidik serta membesarkan dua kakak M. Yusuf.

“Saya hanya berharap M. Yusuf, segera sembuh,” ujar Zubaidah dihadapan Bupati Rocky.

Dalam kesempatan itu, Bupati Rocky ikut didampingi Drs. Mohd Mukhtar, M.AP (Staf Ahli Bupati), H. Kamarullah, M.Kes (Kadinkes), Kadinsosnaker (M. Yasin), dr. H. Edy Gunawan, MARS (Direktur RSUD Sultan Abdul Aziz Syah Peureulak), Kabag Humas dan Protokol (Nauli,S.STP, M.AP), Kabag Isra (Mujiburrahman, SE, M.AP) dan beberapa pejabat lainnya.

Terkait kondisi kesehatan M. Yusuf, Kadis Kesehatan Aceh Timur, H. Kamarullah, M.Kes, melalui Kabid PMK, dr. H. Zulfikry, M.Kes, menjelaskan,M. Yusuf menderita meningitis tiga bulan. Pihaknya sudah pernah merujuk ke RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh, guna dioperasi dan dipasang selang.

Secara medis, meningitis adalah penyakit yang disebabkan oleh peradangan pada selaput pelindung yang menutupi saraf otak dan tulang belakang yang dikenal sebagai maninges. Peradangan biasanya disebabkan oleh infeksi cairan yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang. Riwayatnya, M. Yusuf di usia 2 bulan sempat terjatuh.

Selama ini M Yusuf dalam pendampingan bidan desa (bides), bahkan orangtuanya sesuai saran dokter kerap membawa M. Yusuf ke Puskesmas untuk mengontrol kesehatannya.

“Bukan masalah gizi semata, tapi ada masalah penyakit kronis lainnya, sehingga bermasalah ke asupan gizi,” ujar dr. Zulfikry.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *