BERITA DAERAH

Polisi Tangkap Dua Pembuat Mie Formalin di Pasar Lambaro

Aceh Watch| Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Aceh mengamankan dua pembuat mie mengunakan bahan formalin di kawasan Pasar Tradisional Lambaro, Aceh Besar.

Kedua tersangka tersebut yakni M (56) dan YW (39) keduanya merupakan pedagang mie atau yang memproduksi mie.

Direktur Ditreskrimsus Polda Aceh Kombes Pol Erwin Zadma menyebutkan pengungkapan kasus mie formalin berawal dari informasi warga pada pekan lalu. Dimana kedua tersangka memproduksi mie basah dengan bahan formalin.

“Setelah kita cek dengan uji tes kit formalin, ternyata benar mie yang diproduksinya itu mengandung bahan berbahaya bagi kesehatan manusia. Selanjutnya kedua pedagang itu kita amankan,” kata Kombes Pol Erwin didampingi Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Misnahul Munauwar, Senin (15/1).

Hasil keterangan tersangka, kata Erwin keduanya sengaja mengunakan formalin pada mie olahannya agar bisa tahan berhari-hari. Usaha mie dengan mengunakan formalin ini sudah dilakukan sejak setahun terakhir.

“Selama setahun terakhir, mie berbahan formalin hasil produksinya sudah terjual ke sejumlah pelanggan yang merupakan penjual bakso dan mie di wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar,” ujarnya.

Pelaku juga mengaku, bahan formalin tersebut didapatkan dari seseorang yang datang ke tempat usahanya. Namun yang bersangkutan tidak mengenal orang tersebut.

Selain mengamankan dia pelaku itu, kata Erwin, polisi juga menyita 103 kilogram mie basah yang diduga mengandung formalin serta satu botol air rebusan mie yang mengandung bahan berbahaya

“Sebagian mie yang kita amankan ada yang sudah dicampur formalin dan ada juga yang belum. Pelaku saat ini ditahan di Mapolda Aceh guna proses hukum selanjutnya,” ungkap Dir.Ditreskrimsus Polda Aceh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *