Mobil Terbang Komersial Jalani Debut di GIMS 2018

Mobil Terbang PAL-V Liberty

Aceh Watch|Mobil terbang komersial pertama di dunia yang bisa diboyong sekitar 425 ribu pound (Rp 8 milyar), akan membuat debut publiknya di pameran Geneva International Motor Show tahun ini, pada 8-18 Maret 2018.

Dilansir dari laman AutoCar Sabtu (3/2), Pabrikan Belanda PAL-V mengklaim bahwa Liberty sepenuhnya sesuai dengan peraturan yang ada, dan mengatakan bahwa ini merupakan waktu yang sangat penting dalam sejarah penerbangan dan mobilitas. Perusahaan mengharapkan untuk melakukan pengiriman pelanggan pertama tahun depan.

Mobil terbang telah diluncurkan dengan Liberty Pioneer Edition, yang harganya mulai dari 599 ribu USD (Rp 8 milyar) di situs PAL-V, sebelum pajak. Harga ini mencakup beberapa sesi instruksi penerbangan, opsi pemanasan dan personalisasi tenaga.

Hanya 90 unit yang akan dijual, dengan sekitar setengahnya menuju ke Eropa, dan setelah pengiriman, pabrikan tersebut akan memulai pengiriman model Liberty Sport.

Model tersebut dihargai dari 399 ribu USD (Rp 5,3 milyar) sebelum pajak disebutkan dalam situs web produsen. Ini tidak memiliki tingkat personalisasi yang sama yang tersedia sebagai Pioneer Edition, namun masih dilengkapi dengan pelajaran terbang.

Liberty memiliki tata letak tiga roda dan bilah rotor di atap yang dilipat. Ini secara efektif merupakan pesawat gyrocopter dengan dua mesin. Mesin penggerak propulsi penggeraknya yang berbasis di Rotax termasuk satu mesin untuk mengemudi, dan satu untuk terbang, dengan rotor besar yang tidak terisi di bagian atas yang menyediakan pengangkat, sementara bilah bertenaga mesin di bagian belakang kendaraan memberi dorongan.

Untuk mengonversi mobil dari mode ‘drive to fly’ atau sebaliknya, akan memakan waktu sekitar 5-10 menit, menurut PAL-V. Pengguna juga memerlukan lisensi untuk terbang, dan tidak bisa lepas landas serta mendarat di mana saja. PAL-V mengatakan Liberty membutuhkan ruang lepas landas sekitar 90-200×200 meter tanpa hambatan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*