BERITA INTERNASIONAL

Rusia Uji Tembak Rudal Balistik Canggih Iskander-M, Ini Videonya

Aceh Watch| Rusia menguji tembak rudal balistik canggih Iskander-M di Kapustin Yar, Astrakhan, Rusia selatan. Kementerian Pertahanan setempat pada Senin (5/3/2018) mengklaim uji coba rudal berlangsung sukses.

Menurut kementrian tersebut, peluncuran rudal berjarak 100 km lebih dari target. Sasaran berhasil dihantam dengan rudal presisi tinggi tersebut.

”Peluncuran tembak adalah tahap menyelesaikan latihan taktik yang ditujukan untuk melatih unit rudal Distrik Militer Barat dengan sistem rudal Iskander-M yang baru,” kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

Uji coba itu berlangsung pada hari Jumat. ”Semuanya baik-baik saja. Rudal tersebut telah menemukan targetnya,” kata seorang komandan yang mengawasi uji coba tersebut, seperti dilansir Russia Today.

Platform rudal Iskander modern, yang saat ini digunakan oleh Angkatan Darat Rusia, hadir dalam dua varian, yakni rudal balistik rudal jarak jauh Iskander-M dan rudal Iskander-K.

Rudal Iskander-M, yang digunakan selama latihan tersebut diklaim mampu melakukan serangan presisi tinggi pada jarak hingga 500 kilometer. Sistem senjata ini dirancang untuk menggantikan rudal taktis Tochka-U yang sudah menua.

Rudal Iskander selama ini dikenal berhulu ledak konvensional. Namun, sejatinya juga bisa dilengkapi dengan hulu ledak nuklir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *