BERITA DAERAH

Menjelang Meugang, Harga Daging Mulai Naik Di Aceh

Aceh Watch| Menjelang meugang menyambut Puasa Ramadhan 1439 H, harga daging mulai naik secara bervariasi di Aceh.

Seperti di Aceh Barat Daya (Abdya), harga daging  melonjak drastis selama hari Meugang atau tiga hari menjelang bulan Ramadan. Jika biasanya dijual Rp 130.000/Kilogram, kini harganya naik hingga Rp 150.000/Kilogram.

Meski harga meroket, namun minat beli masyarakat tetap tinggi. Di Aceh Barat Daya, Aceh misalnya, warga menyerbu pasar kaget di pinggir sungai di Desa Jalan Panyang Kecamatan Blangpidie. Di sana, penjual menjual harga daging kerbau dengan harga Rp 150.000/Kg.

Sementara itu Harga daging sapi pada meugang Ramadhan 1439 Hijrah tahun 2018 di Nagan Raya sangat tinggi, bahkan menembus angka Rp 190 ribu per kilogram.

Harga daging  meugang di Aceh melonjak drastis karena terhitung hari ini, terutama di Abdya dan Nagan Raya.

Meugang bagi masyarakat Aceh adalah tradisi membeli daging lembu atau kerbau untuk kemudian dimasak dan disantap bersama keluarga. Tradisi meugang ini sudah dilakukan sejak masa Sultan Iskandar Muda memimpin Tanah Rencong.

Dalam setahun, ada tiga kali meugang yaitu dua atau tiga hari sebelum Ramadan, sehari sebelum lebaran Idul Fitri dan dua hari sebelum lebaran Idul Adha. Pada hari ini, hampir semua masyarakat ikut membeli daging meski harganya melonjak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *