BERITA DAERAH

Ingin Sumur Minyak Dikelola Warga, Rocky Temui Presiden

Aceh Watch, Jakarta – Bupati Aceh Timur H Hasballah bin HM Thaib alias Rocky, Rabu (23/5) menemui Presiden Ir H Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, untuk melaporkan ekses dan penanganan tindak lanjut pascakebakaran salah satu sumur minyak tradisional di Gampong Pasir Putih, Kecamatan Rantau Peureulak, Rabu 24 April 2018 silam.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Serambi, ia menjelaskan dirinya sudah menyerahkan surat resmi terkait hal ini ke presiden, pekan lalu. Isinya, mengharapkan petunjuk presiden dalam penanganan sumur minyak yang dikelola oleh masyarakat, sehingga berbagai potensi yang membahayakan keselamatan tidak terulang.

 “Persoalan sumur minyak ini sudah kami laporkan ke bapak presiden. Dalam penanganan yang akan dilakukan pemerintah pusat nantinya, kami harapkan sesuai dengan apa yang sudah kami usulkan” kata Bupati Rocky.

Dikatakannya, dalam surat yang diserahkan ke presiden itu, pihaknya mengusulkan agar pemerintah pusat membuat aturan khusus yang mengatur tentang aktivitas pengeboran dengan konsep WK cluster yang dilakukan oleh badan usaha/koperasi, dan mengatur standar minimum keselamatan dalam pengeboran minyak.

Bupati Aceh Timur ini juga melaporkan bahwa di sekitar lokasi sumur minyak yang terbakar itu juga masih terdapat ratusan sumur minyak lain yang dikelola secara tradisional oleh masyarakat setempat sejak beberapa tahun yang lalu.

“Harapan kami sumur-sumur minyak ini nantinya dapat dikelola oleh masyarakat dalam wadah koperasi atau BUMD,” kata Hasballah bin HM Thaib.

Pengacara UUPA sebut, warga bisa mengelola sendiri Sumur Minyak

Sementara itu, Pengacara UUPA, Kamaruddin SH menegaskan bahwa masyarakat boleh mengelola sumur minyak tua seperti yang ada di Rantoe Peurelak Aceh Timur selama syarat-syaratnya dipenuhi.

“selama tidak perseorangan boleh saja, masyarakat harus bersama-sama membentuk Koperasi Unit Desa, aturan itu tercantum dalam Peraturan Menteri ESDM No 1Tahun 2008 ” ujar Kamaruddin SH

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *