BERITA DAERAH

Kamaruddin SH Apresiasi Langkah Bupati Aceh Timur Ajukan konsep WK Cluster

Aceh Watch, Banda Aceh- Ketua DPW PSI Aceh, Kamaruddin mengapresiasi upaya yang dijalankan oleh Bupati Aceh Timur H. Hasballahn HM.Thaib, menjumpai Presiden Republik Indonesia, H. Joko Widodo di Istana Negara di Jakarta, Rabu (30/5/2018).

Sebagaimana diketahui bupati Aceh Timur telah mengusulkan agar pemerintahpusat membuat aturan khusus yang tentang aktifitas pengeluaran denganmkonsep WK Cluster yang dilakukan oleh badan usaha/koperasi dengan mengatur pada standar minimum keselamatan dalam pengeboran minyak.

Kita berharap degan adanya langkah advokasi bupati Aceh Timur ini pemerintah pusat dapat segera menemukan solusi yang pro rakyat, hal ini sesuai prinsip yang tercantum dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 1 Tahun 2008” kata Kamaruddin (31/5/2018).

Lebih jauh Kamaruddin juga mengingatkan bahwa berbagai regulasi dan aturan yang dilahirkan oleh pemerintah mulai pusat maupun pemerintah daerah haruslah menjadi solusi untuk kemaslahatan masyarakat. Apalagi Aceh adalah wilayah otonomi khusus yang secara regulasi dimungkinkan miliki aturan yang lebih progresif.

“Jika ladang minyak dikelola secara swadaya keselamatan tetap harus diutamakan karena ini tanggung jawab bersama. Pasal 15 Permen ESDM ini menyebutkan ‘kontraktor wajib melakukan pembinaan teknis dan pengawasan atas aspek keselamatan, kesehatan kerja dan pengelolaan lingkungan hidup.

“Kontraktor yang dimaksud semacam Pertamina atau perusahaan swasta yang membeli minyak dari Koperasi atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)” ujar Kamaruddin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *