BERITA DAERAH

Ketua KPA Singkil Apresiasi Pertemuan Petinggi GAM di Banda Aceh

BANDA ACEH,- Ketua KPA Singkil, Teungku Sarbaini, memberi apresiasi yang mendalam atas terlaksananya pertemuan para pimpinan GAM di Banda Aceh. Pertemuan ini dinilai sebagai awal rekonsiliasi GAM dalam mengawal hak-hak Aceh pasca MoU Helsinki.

“Saya mendukung bersatu kembalinya para pejuang GAM. Pertemuan para petinggi GAM di Hotel The Pade merupakan harapan dari mantan kombatan akar rumput,” kata Sarbaini atau akrab disapa Teungku Agam Kuala, Minggu 29 Juli 2018.

“Ini juga akan menjadi langkah awal bagi kita semua dalam memperjuangkan kekhususan Aceh,” kata Sarbaini lagi.

Menurut Sarbaini, banyak kekhususan Aceh sebagaimana yang dijanjikan Pusat, belum terlaksana hingga 13 tahun perdamaian Aceh. Kondisi ini terjadi karena adanya perpecahan di kalangan elit GAM yang berimbas pada persatuan di tingkat bawah.

“Kami selaku bawahan sangat berharap para petinggi benar-benar ikhlas dari lubuk hati yang paling dalam untuk bersatu kembali. GAM jangan mau dikotak-kotak. MoU perlu direalisasi dan damai perlu dijaga,” ujarnya lagi.

Sarbaini juga mengajak seluruh komponen di Aceh untuk sama-sama memperjuangkan kekhususan Aceh sebagaimana yang telah disepakati di Helsinki.

“Ini tanggungjawab bersama Bangsa Aceh. Tanggungjawab harus dijaga dan diperjuangkan secara bersamasa-sama,” kata Sarbaini.

“DPR Aceh dan Eksekutif harus bekerja keras agar seluruh butir butir yang disepakati dalam MoU Helsinki dapat terealisasi, seperti bendera dan lainnya yg harus di selesaikan secara tuntas,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *